Tuesday, May 13, 2014

Data Type mismatch in criteria expression

Saya pernah menjumpai aplikasi eSPT PPN 1111 yang sewaktu menyimpan Induk SPT muncul pesan :
Failed (save_induk).message : Data type mismatch in criteria expression
Sehingga, berapa kali pun disimpan, data tidak akan masuk karena error di aplikasi tersebut. Setelah di  telusuri lebih lanjut, ternyata permasalahan ada di Setting Regional. Ada beberapa yang berubah di settingan tersebut, sehingga aplikasi tidak mau menyimpan.

Solusi dari masalah tersebut, di cek ulang settingan di Setting Regional, separator nya, format tanggal nya dsb.
Untuk Setting Regional bisa di lihat di blog ini.

5 comments:

  1. Jika masih mengalami kendala pada (save_induk). Coba lakukan setting region dan formatnya.

    Untuk Windows 7 ke atas.
    - Buka Control Panel
    - Pilih Clock, Language, and Region
    - Pada pilihan region, pilih Change, date, time or number formats
    - Pada menu Long Date, pastikan terisi dengan d MMMM yyyy
    - Klik Apply, buka eSPT PPN, dan file sudah berhasil di simpan

    ReplyDelete
  2. Waahhh ini benar berhasil, saya sudah keliling cari bantuan sampai saya ke kantor pajak dan disarankan untuk instal aplikasinya ke komputer lain yang windowsnya bukan windows 10. itupun sudah saya coba tapi database menjadi kosong saat saya copy ke komputer lain, saya benar benar hampir nyerah Dan akhirnya saya temukan tulisan ini yang ternyata sangat simple,taaadaaaa berhasil.
    Terimakasih mas Eko Fristiawanto, sangat membantu

    ReplyDelete
  3. terima kasih mas.. artikelnya sangat membantu. Saya udah hampir menyerah dengan masalah notifikasi ini yang ternyata penyelesaiannya simple banget..

    ReplyDelete