Saturday, May 17, 2014

Menginstall eSPT Pada Sytem Operasi Windows 8

Aplikasi eSPT baik PPN 1111 ataupun eSPT PPh 21-26 2014 mewajibkan system operasi windows nya terpasang .Net Framework 3.5, sehingga pada installer nya pun di sertakan juga .Net Framework 3.5. Tapi apa jadinya jika yang terpasang pada komputernya adalah .Net Framework 4.0 seperti yang sudah terpasang pada System operasi Windows 8 ?
Sebetulnya pada Windows 8 sudah terdapat .Net Framework 3.5 akan tetapi belum aktif, dan jika kita mengaktifkan nya kita membutuhkan koneksi internet atau bisa menggunakan CD Installer windows 8.

Mari kita bahas cara mengkatifkan .Net Framework 3.5 secara manual tanpa melalui koneksi internet, cara ini adalah hasil penemuan dari mbah google, langkah-langkahnya adalah:
  1. Download SXS dari sini , atau jika mempunyai CD windows 8 bisa di copy dari CD tersebut, kemudian paste di drive C:\
  2. Rename Folder SXS tersebut menjadi  NET
  3. Selanjutnya buka command prompt, klik kanan pada command prompt pilih "Run As Administrator"
  4. Ubahlah path cmd ke C:\ dengan cara ketik “cd\” (tanpa tanda petik) kemudian tekan enter
  5. Ketikkan perintah (tanpa tanda petik)
    dism.exe /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /Source:c:\net LimitAccess
  6. Kemudian tekan enter, proses pemasangan .Net Framework 3.5 akan berjalan, tunggu sampai 100% kemudian RESTART computer.
Setelah proses pemasangan .Net Framework 3.5 pada windows 8 berhasil, maka berikutnya adalah pemasangan aplikasi eSPT PPN 1111 atau eSPT PPh 21-26 2014 di computer Anda, semoga membantu.

1 comment: