Wednesday, May 14, 2014

Pentingnya Backup Database eSPT

Aplikasi eSPT baik PPN 1111 maupun PPh 21-26 2014 akan menyimpan semua data yang telah di input wajib pajak kedalam sebuah database yang tersimpan di komputer wajib pajak. Mulai dari data profil wajib pajak, data lawan transaksi, dan juga data transaksi wajib pajak tersimpan dalam satu database. Sehingga, memudahkan wajib pajak untuk membuka-buka arsip data SPT tahun-tahun sebelumnya apabila dibutuhkan, tentunya sebatas SPT yang telah di buatnya.
Misalnya wajib pajak mulai menggunakan eSPT sejak tahun 2012 maka akan dengan mudah mencari SPT yang ingin di lihatnya, tinggal klik cari maka akan muncul SPT yang dimaksud, tentunya tahun pajaknya adalah 2012 sampai sekarang.

Tetapi pada beberapa kasus, wajib pajak mendatangi Kantor Pelayanan Pajak dengan maksud untuk meminta copy dari database miliknya, mereka beralasan karena komputernya ganti, di install ulang windows nya, ataupun komputernya hilang. Dan bisa dipastikan Kantor Pelayanan Pajak tidak akan memberikan copy database yang diminta tersebut karena alasan Rahasia Negara.

Untuk menghindari hal tersebut, wajib pajak diharapkan mempunyai backup database nya masing-masing, sehingga apabila terjadi kerusakan pada komputernya yang mengharuskan install ulang windowsnya, atau sebab yang lain, wajib pajak masih mempunyai database yang bisa di inject kan ke aplikasi eSPT yang baru.

Sebelum melakukan backup database, kenali dahulu system operasi windows yang terpasang. Karena letak database eSPT berbeda tempat antara beberapa windows, antara lain:
  1. Jika menggunakan Windows 7 32 bit dan Windows Vista, database terletak pada:
    • eSPT PPN 1111
      C:\User\<nama user Windows>\AppData\Local\VirtualStore\Program Files\DJP\eSPT PPN 1111\db\
    • eSPT PPh 21-26 2014
      C:\User\<nama user Windows>\AppData\Local\VirtualStore\Program Files\DJP\eSPT PPh Masa Pasal 21-26\database\
  2. Jika menggunakan Windows 7 64 bit, database terletak pada:
    • eSPT PPN 1111
      C:\Program Files(x86)\DJP
      \eSPT PPN 1111\db\
    • eSPT PPh 21-26 2014
      C:\Program Files(x86)\DJP\eSPT PPh Masa Pasal 21-26\database\
  3. Jika menggunakan Windows XP, database terletak pada:
    • eSPT PPN 1111C:\Program Files\DJP\eSPT PPN 1111\db\
    • eSPT PPh 21-26 2014
      C:\Program Files\DJP\eSPT PPh Masa Pasal 21-26\database\
Silahkan backup database eSPT secara berkala dan simpan pada media lain (tidak menyatu dengan komputer yang terinstal eSPT, sehingga apabila terjadi komputer rusak dsb, database masih aman tersimpan.
Serta, biasakan Melaporkan SPT pada Kantor Pelayanan Pajak tidak mendekati jatuh tempo pelaporan, sehingga apabila ada masalah pada aplikasi eSPT masih ada waktu untuk meng edit nya, dan juga bawalah serta database pada waktu melaporkan SPT ke Kantor Pelayanan Pajak terdaftar.

0 comments:

Post a Comment